Minggu, 26 Juli 2009

Melawan Ego

Jalan yang benar adalah jalan dengan perilaku yang baik. Setiap orang harus mempelajari perilaku yang baik sehingga dia akan menjadi orang yang baik. Orang dapat memiliki sifat-sifat yang baik atau sifat-sifat buruk. Menurut fitrahnya, setiap orang mempunyai karakteristik yang buruk karena keinginan ego sangat kuat pada awalnya. Oleh sebab itu dia membutuhkan dukungan dan latihan untuk melawan keinginan ego melalui bimbingan guru ruhani sejati.

Agar memiliki karakteristik yang baik kita harus mengambil alih kekuasaan dari tangan ego. Jika kita membiarkan diri berada dalam genggamannya maka kita akan menjadi pribadi yang buruk. Oleh sebab itu, pada saat yang bersamaan Allah menciptakan manusia pertama Adam alaihissalam dan menjadikannya sebagai seorang
Nabi. Manusia pertama adalah Nabi yang pertama sehingga dia bisa mengajarkan anak-anaknya tentang perilaku dan karakteristik yang baik.

Manusia membutuhkan latihan, oleh sebab itu Allah memberikan orang tua untuk mendidiknya ketika mereka masih bayi dan anak-anak. Tetapi latihan dari Nabi dan Rasul adalah latihan yang paling penting. Banyak orang hanya mengajarkan untuk memenuhi keinginan ego.

Rasulullah sallallahu alaihi wassalam mengajarkan kita untuk menyelamatkan kita dari keinginan ego, karena keinginan ego tidak ada batasnya, dia akan terus meminta dan meminta, tidak akan ada akhirnya..

(Mawlana Syaikh Nazim al-Haqqani & Mawlana Syaikh Hisyam Kabbani ar-Rabbani)

Tidak ada komentar: